5 Desain Rumah Klasik dari Berbagai Negara

    Ditengah gempuran akulturasi budaya, desain rumah klasik berhasil mempertahankan diri. Bahkan, tak sedikit orang yang menggunakan desain rumah klasik dari negara lain sebagai tema huniannya. rumah mewah minimalis mengadaptasi desain rumah klasik dari negara lain? Berikut beberapa inspirasi desain rumah klasik dari berbagai negara ynag bisa kamu contek.

    1. Elegan khas Bollywood dengan rumah klasik India
    Rumah klasik India biasanya selalu menonjolkan warna cerah dan motif yang menarik. Konsep desain rumah klasik India menonjolkan nuansa yang terasa mewah dan elegan khas Bollywood. Di India, rata-rata rumah klasik dihiasi dengan berbagai pernak-pernik dekor rumah yang elegan dan bernilai sangat mewah.

    Diantaranya dihiasi dengan guci, beberapa kristal, atau benang berwarna emas. Karena kawasan India merupakan wilayah yang beriklim tropis seperti kita di Indonesia. Tak heran jika mereka mendekorasi rumah klasik yang mengutamakan kesejukan. Hal ini terlihat dari langit-langit yang cukup tinggi. Yang menarik dari rumah klasik India ini adalah lebih banyak menggunakan ventilasi dibandingkan jendela.

    2. Rumah klasik Amerika kolonial yang formal
    Karakteristik dari rumah klasik Amerika kolonial biasanya ditandai dengan berbagai furniture yang terbuat dari material kayu dan trim dan digunakan secara luas pada keseluruhan ruangan. Ciri khas desain interior rumah klasik Amerika kolonial yakni menonjolkan desain formal dan penggunaan kayu halus seperti kenari, ceri, mahoni sebagai bahan furniturnya.
    Rumah klasik ini biasanya juga mendekorasi interiornya dengan aneka kain, seperti permadani, beludru, atau brokat. Untuk bagian perlengkapan dan pencahayaannya, rumah klasik ini menggunakan besi dan kuningan.

    3. Rumah klasik Perancis yang megah
    Gaya hiasan yang wah dan megah serta gaya dekoratif yang mewah pada setiap ruangan adalah ciri khas desain interior rumah klasik Perancis. Perabotan dalam rumah klasik umumnya mencakup barang antik atau pusaka bergaya kerajaan Prancis. Bunga sebagai dekorasi hampir dapat dipastikan terdapat dalam setiap ruangan rumah klasik model ini.
    Seperti konsep desain rumah gaya barat elegan Eropa, rumah klasik Perancis juga memiliki jumlah jendela yang cukup banyak. Biasanya lebih kurang terdapat 6 jendela yang ditempatkan pada sisi dinding rumah. Sementara 2 jendela dibuat berukuran besar dan ditempatkan di depan rumah.

    4. Dominasi warna cerah pada rumah klasik Maroko
    Rumah klasik Maroko pada bagian interiornya biasanya memberikan dominasi pada warna-warna yang kaya khas Timur Tengah. Dekorasi teknik ini menjadi salah satu kekhasan dan keunikan gaya desain rumah klasik Maroko. Warna oranye merah, hijau dan biru, aksen emas, coklat muda, kuning dan perak, mampu menciptakan atmosfir tropis pada ruangan.
    Rumah klasik Maroko biasanya tak melupakan keberadaan tanaman eksotis, ubin terakota, dan dinding bertekstur. Semuanya memberikan suasana berbeda. Rumah klasik khas Maroko menggunakan material kayu dan besi tempa untuk dijadikan furnitur. Rumah klasik Maroko juga biasanya banyak menggunakan aksesori di bagian interiornya.

    5. Rumah klasik Jepang yang menonjolkan esensi alam
    Rumah klasik Jepang ini memiliki keunikannya sendiri. Penggunaan material kayu dan bambu cukup mendominasi pada ruang atau bagian tertentu. Biasanya rumah klasik desain ini memiliki beberapa elemen penting yang harus ada pada desain interiornya. Elemen yang pertama adalah pintu geser kaca ataupun kaca-kaca besar yang bisa memberikan pemandangan.
    Pintu geser memungkinkan eksterior dan interior rumah klasik Jepang melebur satu sama lainnya. Karakteristik dan ciri khas dari desain interior rumah klasik Jepang juga ditemukan pada arsitektur minimalis dan gaya desain interior Zen. Perabotan penting yang esensial membuat ruang tinggal tidak terasa sempit atau berantakan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *