Techno Aiti Dalam Menangani Konkurensi

    No Comments Bisnis

    Lalu lintas transaksi perbankan yang padat membutuhkan penanganan dan pengelolaan data transaksi nasabah yang tidak mudah. Saat ini satu bank akan mengelola data transaksi ribuan nasabah yang dimiliki dan semua tersebar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri.

    Apabila dalam penanganan data tersebut tidak bisa dilakukan dengan baik maka data-data transaksi nasabah yang di catat maka akan terjadi banyak kesalahan. Hal ini akan berakibat fatal terhadap transaksi-transaksi yang di catat.
    Salah satu kejadian yang selalu terjadi adalah kejadian konkurensi. Konkurensi merupakan kondisi dimana ada lebih dari satu transaksi yang dilakukan pada saat yag bersamaan, dan itu oleh sistem teknologi informasi bank dicatat sesuai dengan waktu terbaca oleh computer. Kesalahan terjadi jika data yang akan di update dikunci oleh salah satu pengguna sedangkan pengguna yang lain tidak dapat mengupdate datanya.

    Pertama yang biasa terjadi jika ada konkurensi antara lain masalah kehilangan modifikasi. Hal ini terjadi jika kondisi dua transaksi mengakses satu data yang sama sehingga mengakibatkan nilai data tersebut tidak benar. Ketidakbenaran nilai data transaksi ini dapat mengakibatkan perhitungan saldo yang salah. Tentu saja akan merugikan, baik pihak bank maupun pihak nasabah.

    Kedua, masalah yang timbul adalah masalah modifikasi sementara. Jika transaksi membaca suatu data yang sudah dimodifikasi oleh transaksi lain tetapi belum diselesaikan dan ada kemungkinan pencatatan itu dibatalkan. Tentu saja nilai yang sudah diakses oleh transaksi selanjutnya akan digunakan untuk perhitungan (sebenarnya nilai tersebut dibatalkan pencatatannya). Kondisi ini juga memicu kekeliruan perhitungan saldo.

    Ketiga adalah masalah yang tidak konsisten, ini terjadi jika ada sebuah transaksi yang membaca nilai data saat yang sama transaksi kedua mengupdate beberapa nilai tersebut selama proses transaksi pertama berlangsung.
    Inilah gambaran technoaiti yang biasa terjadi pada pengelolaan data perbankan. Di era yang semakin mutakhir sekarang ini proses-proses transaksi secara online setiap saat terjadi. Semakin maju sebuah negara akan semakin terbiasa masyarakatnya menggunakan internet sebagai sarana transaksi mereka.

    Tantangan bagi ahli teknologi informasi dan telekomunikasi adalah bagaimana memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana dalam menjalankan kehidupannya, secara spesifik dalam hal ini adalah proses transaksi-transaksi dalam bidang ekonomi. Technoaiti sebagai ujung tombak informasi-informasi teknologi sistem perbankan akan memberikan informasi terkait dengan teknologi mutakhir yang digunakan dalam bidang ekonomi dan perbankan dewasa ini.


    Banyak kejadian yang menyebabkan kerugian terutama bagi nasabah sebuah bank karena ketidakberdayaan pengelolaan sistem yang baik, terutama pengelolaan data transaksi yang jumlahnya sangat banyak setiap harinya. Tidak hanya teknologinya tetapi juga manusia yang menjadi operator teknologi juga harus menguasai teknologi dengan baik sehingga teknologi akan benar-benar membantu manusia bukan justru merugikan manusia.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *